WASH Program Pangkep

YBM BRILiaN
December 8, 2023

Pangkep (24/11) – Dalam upaya meningkatkan akses air bersih di Desa Pitue, Kecamatan Ma’rang, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan. Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, antara lain H. Syahban Sammana, SH (Wakil Bupati Pangkep), Abid Rahman Martono (Pimpinan Cabang BRI Pangkep), Muhammad Nasrul Munir (Kepala Desa Pitue), dan Heasty Diwayanty (Bendahara YBM BRILiaN RO Makassar).

Desa Pitue dipilih sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan karena mengalami krisis air bersih, dengan mayoritas penduduknya yang mengandalkan air hujan yang ditampung dalam tandom untuk kebutuhan konsumsi. Sebagian besar masyarakat Desa Pitue merupakan nelayan, petani rumput laut, dan tambak yang menghadapi ketidakpastian hasil usaha, sementara air tanah di daerah tersebut bersifat payau karena kedekatannya dengan laut.

Baca juga : Paket Pendidikan Babakan Madang

Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai program WASH serta manfaatnya. Proses pelibatan masyarakat dalam pemeliharaan fasilitas juga menjadi fokus, dengan membentuk kelompok-kelompok sebagai penanggung jawab utama dalam menjaga keberlanjutan program ini.

Kegiatan dimulai pada pukul 10.00 pagi dengan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta pembentukan kelompok WASH. Launching program dilaksanakan mulai pukul 14.00 siang hingga pukul 16.00 dan melibatkan tiga titik lokasi WASH. Selain itu, lebih dari 30 kepala keluarga di Desa Pitue menjadi penerima manfaat dari program ini, masing-masing mendapatkan bantuan berupa 3 tandom penampungan air dengan total nominal bantuan sebesar Rp. 57.000.000.

Nasrul Munir, Kepala Desa Pitue, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada YBM BRILiaN atas bantuan yang diberikan. Ia juga menyatakan kebanggaan karena Desa Pitue menjadi satu-satunya desa di Pangkep yang mendapatkan bantuan dalam program WASH ini.

Baca juga : WASH Program Pematang Panggang